Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rasio Keuangan


Definisi Rasio Keuangan

Analisis rasio keuangan adalah : 
Analisis yang dilakukan dengan menghubungkan berbagai perkiraan yang terdapat pada laporan keuangan dalam bentuk rasio keuangan.
Angka yang diperoleh dari hasil perbandingan satu pos laporan keuangan dengan pos lainnya yang mempunyai hubungan yang relevan dan signifikan.
Indeks yang menghubungkan dua angka akuntansi dan diperoleh dengan membagi satu angka dengan angka yang lainnya dalam satu periode maupun beberapa periode.

Jenis Rasio Keuangan

Ada beberapa jenis rasio keuangan diantaranya : 
  1. Rasio Likuiditas
  2. Rasio Solvabilitas 
  3. Rasio Aktivitas
  4. Rasio Profitabilitas/Rentabilitas

Rasio Likuditas

Definisi Rasio Likuditas

Rasio Likuiditas adalah :
Rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek.
Rasio likuiditas atau sering juga disebut dengan nama rasio modal kerja merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa likuidnya suatu perusahaan. Caranya adalah dengan membandingkan komponen yang ada di neraca, yaitu total aktiva lancar dengan total pasiva lancar (utang jangka pendek).
Pengukuran kemampuan jangka pendek perusahaan untuk membayar kewajibannya yang telah jatuh tempo dan untuk memenuhi kebutuhan kas tak terduga

Jenis Rasio Likuiditas 

  1. Rasio Lancar (Current Ratio merupakan rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek atau hutang yang segera jatuh tempo pada saat ditagih secara keseluruhan.
  2. Rasio Cepat (Quick Ratiomerupakan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi atau membayar kewajiban atau hutang lancar dengan aktiva lancar tanpa memperhitungkan nilai perusahaan.
  3. Rasio Kas (Cash Ratio) merupakan alat yang digunakan untuk mengukur seberapa besar uang kas yang tersedia untuk membayar utang.
  4. Rasio Perputaran Kas merupakan rasio yang mengukur tingkat kecukupan modal kerja perusahaan yang dibutuhkan untuk membayar tagihan dan membiayai penjualan.
  5. Inventory to Net Working Capital merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur atau membanding kan antara jumlah persediaan yang ada dengan modal kerja perusahaan.

Rasio Solvabilitas

Definisi Rasio Solvabilitas 

Rasio Solvabilitas (Leverage Ratio) merupakan : 
Rasio yang digunakan untuk mengukur sejauh mana aktiva perusahaan dibiayai dengan utang.

Jenis Rasio Solvabilitas

  1. Debt to Assest Ratio (Debt Ratio) merupakan rasio utang yang digunakan untuk mengukur perbandingan antara total utang dengan total aktiva.
  2. Debt to Equity Ratio merupakan rasio yang digunakan untuk menilai utang dengan ekuitas.
  3. Long Term Debt to Equity Ratio merupakan rasio antara utang jangka panjang dengan modal sendiri.
  4. Times Interest Earned merupakan rasio untuk mencari jumlah kali perolehan bunga.
  5. Fixed Charge Coverage merupakan rasio yang dilakukan apabila perusahaan memperoleh utang jangka panjang atau menyewa aktiva berdasarkan kontrak sewa (lease contract).

Rasio Aktivitas

Definisi Rasio Aktivitas

Rasio Aktivitas merupakan : 
Rasio yang digunakan untuk mengukur tingkat efesiensi pemanfaatan sumber daya perusahaan (penjualan, persediaan, penagihan piutang, dan lainnya) atau rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Jenis Rasio Aktivitas

  1. Perputaran piutang merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur beberapa lama penagihan piutang selama satu periode atau berapa kali dana yang ditanam dalam piutang ini akan berputar dalam satu periode. 
  2. Perputaran persediaan merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa kali dana yang ditanamkan dalam persediaan ini berputar dalam suatu periode.
  3. Perputaran modal kerja merupakan salah satu rasio untuk mengukur atau menilai keefektifan modal kerja perusahaan selama periode tertentu. 
  4. Fixed assets turnover merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa kali dana yang ditanamkan dalam aktiva tetap berputar dalam satu periode.
  5. Total Assets Turnover merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa jumlah penjualan yang diperoleh dari tiap rupiah aktiva.

Rasio Profitabilitas/Rentabilitas

Definisi Rasio Profitabilitas/Rentabilitas

Rasio profitabilitas merupakan :
Rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan atau laba dalam suatu periode tertentu.

Jenis Rasio Profitabilitas/Rentabilitas

  1. Profit Margin on Sales merupakan salah satu rasio yang digunakan untuk mengukur margin laba atas penjualan.
  2. Return on Investment (ROI) merupakan rasio yang menunjukkan hasil (return) atas jumlah aktiva yang digunakan perusahaan.
  3. Return on Equity (ROE) merupakan rasio untuk mengukur laba bersih sesudah pajak dengan modal sendiri. 
  4. Laba per Lembar Saham Biasa merupakan rasio untuk mengukur keberhasilan manajemen dalam mencapai keuntungan bagi pemegang saham.

Referensi

Mahaputra, I. N. K. A., & Adnyana, N. K. (2012). Pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi & Bisnis, 7(2), 243-254.

Ahmad Irsan, I. R. S. A. N. (2016). Analisis Rasio Likuiditas Dan Rasio Aktivitas Pada PT Muara Dua Palembang. Politeknik Negeri Sriwijaya

Romli, H., Ferita, R., & Permata, L. T. (2016). Analisa Ratio Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas pada PT. Semen Baturaja Palembang Tahun 2012-2013. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 7(1), 63-69.